Ricky Andalas


Minggu, 16 Juni 2013

“DAMPAK EKSTERNALITAS NEGATIF AKIBAT MINIMNYA FASILITAS KAMPUS TERHADAP PERKEMBANGAN KEGIATAN AKADEMIK MAHASISWA” OLEH : RICKY WARYONO



TUGAS EKONOMI PUBLIK 1
“DAMPAK EKSTERNALITAS NEGATIF AKIBAT MINIMNYA FASILITAS KAMPUS TERHADAP PERKEMBANGAN KEGIATAN AKADEMIK MAHASISWA”




 

  


Disusun oleh
Nama              : RICKY WARYONO
NIM                : 1102112978
DOSEN          : SRI ENDANG KORNITA, SE, M.SI




JURUSAN ILMU EKONOMI PRODI EKONOMI PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS RIAU 

2013







BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG MASALAH

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Riau adalah para calon kader penerus kemajuan bangsa , walaupun saat ini mereka belum juga merasakan fasilitas-fasilitas yang belum memadai dari kampus mereka sendiri , tetapi mereka tetap semangat  belajar demi mencapai tujuan yang mereka harapkan di Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Riau. Panasnya cuaca Pekanbaru , banyaknya jalan kampus yang berlubang ,ruang belajar yang panas karena tidak berfungsinya kipas angin, hal itu tidak membuat para Mahasiswa malas untuk datang ke kampus. Fasilitas kampus yang lengkap tentu semakin mendorong Mahasiswa untuk lebih giat lagi dalam kegiatan akademik. Fasilitas yang tidak lengkap juga dapat mempengaruhi semangat Mahasiswa dalam kegiatan Akademik. Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Riau sangat berharap sekali jika pihak kampus menyediakan fasilitas-fasiltas yang lengkap, seperti disediakan Kantin yang bagus , jalan penghubung kampus yang tidak berlubang , Ruang yang berAC ,Jaringan internet (Wi-fi) yang dapat di akses di lingkungan kampus khusunya di ruang belajar dan lain sebagainya yang dapat menunjang semangan kegiatan akademik Mahasiswa.
Tidak salah lagi Fasilitas kampus yang kurang memadai juga mengakibatkan banyak nya Mahasiswa menjadi “kupu-kupu” artinya kuliah pulang-kuliah pulang , karena tidak adanya fasilitas di kampus ini  yang mereka gunakan. Padahal dengan tersedianya berbagai fasilitas dikampus ini maka dapat menunjang berbagai prestasi Mahasiswa . Fasilitas tersebut dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan diri melalui berbagai kreasi dan inovasi,Semakin banyaknya prestasi yang didapatkan oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi maka Jurusan Ilmu Ekonomi semakin disegani dan menjadi piramida teratas.Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku seseorang berkat pengalaman dan latihan. Pada saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, setiap mahasiswa tentu berharap akan mendapatkan prestasi belajar yang baik dan memuaskan sesuai dengan usaha yang telah dilakukan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor , yang meliputi faktor internal dan eksternal. Diantara semua faktor tersebut terdapat faktor fasilitas kampus belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua yang turut mempengaruhi prestasi belajar siswa



Fasilitas kampus belajar menyangkut ketersediaan hal-hal yang dapat memberikan kemudahan bagi perolehan pengalaman belajar yang efektif dan efisien. Pemanfaatan fasilitas belajar yang memadai akan dapat menumbuhkan daya imajinasi mahasiswa untuk berkreasi dan membuat proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar, teratur, dan nyaman, serta dapat menghadapi perkembangan teknologi. 



B.     RUMUSAN MASALAH

1.      Apakah yang dimaksud dengan eksternalitas?
2.      Apakah dampak eksternalitas negative dari fasilitas yang tidak lengkap terhadap Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Riau?
3.      Apakah solusinya?




BAB II
PEMBAHASAN

1.             Eksternalitas
Eksternalitas adalah keterkaitan suatu kegiatan dengan kegiatan lain yang tidak melalui mekanisme pasar. Jadi, yang dimaksud dengan eksternalitas hanyalah apabila tindakan seseorang mempunyai dampak terhadap orang lain (atau segolongan orang) tanpa adanya kompensasi apapun juga sehinnga timbul inefisiensi.
Ditinjau dari dampaknya, eksternalitas dapat dibagi menjadi 2, yaitu:
·           Eksternalitas Positif
Dampak yang menguntungkan dari suatu tindakan yang dilakukan oleh suatu pihak terhadap orang lain tanpa adanya kompensasi dari pihak yang diuntungkan.
·         Eksternalitas Negatif
Dampak yang merugikan dari suatu tindakan yang dilakukan oleh suatu pihak terhadap orang lain tanpa adanya kompensasi dari pihak yang dirugikan.





2.       Dampak eksternalitas negative dari fasilitas yang tidak lengkap terhadap Mahasiswa
Dalam UU SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003 Bab III  Pasal 45 tentang sarana dan prasarana pendidikan, dinyatakan bahwa :
1)   Setiap satuan pendidikan formal maupun  non formal meyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan secara fisik, kecerdasan intelektual sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik.
2)   ketentuan mengenai penyediaan sarana dan prasarana pendidikan pada semua satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah.
Dari kedua ayat diatas dimaksudkan agar tiap-tiap kampus menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai semua keperluan pendidikan agar siswa dapat memanfaatkannya sebagai penunjang belajar mahasiswa.
Tulus (2003:81-83) mengungkapkan bahwa sarana belajar biasanya menjadi penunjang prestasi belajar, namun demikian bila kelengkapan fasilitas belajar sebagai sarana penunjang belajar di sekolah memadai, sebaliknya dapat menjadi faktor penghambat apabila kelengkapan fasilitas belajar di kampus kurang memadai.
Pihak kampus yang bersangkutan hendaknya menyediakan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan mahasiswa agar dapat menumbuhkan, mengembangkan dirinya sesuai dengan bakat dan kemampuan sebagai manusia seutuhnya. Dengan adanya fasilitas belajar yang lengkap, akan menumbuhkan rasa bangga dan rasa memiliki. Pemeliharaan fasilitas belajar di kampus merupakan tanggung jawab semua pihak yang bersangkutan. Hal ini bertujuan agar fasilitas belajar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya dan dapat bertahan  dengan jangka waktu yang lama. Pengadaan fasilitas belajar sangat penting bagi Mahasiswa dan kurikulum pada saat itu.

Adapun dampak ekternalitas negative akibat dari kurang memadainya fasilitas dari kampus terhadap Mahasiswa adalah Mahasiswa banyak yang menjadi kupu-kupu alias kuliah pulang-kuliah pulang , mahasiswa tidak betah berada di kampus terlalu lama , tidak ada yang menarik atau istimewa di kampus. Mahasiswa sering merasa kepanasan ketika belajar , bahkan Dosen pun menerima dampak ekternalitas negative akibat dari fasilitas yang tidak memadai tersebut , Dosen juga merasakan kepanasan ketika mengajar.Dampak Ekternalitas negative yang disebabkan oleh fasilitas yang tidak memadai tersebut adalah menurun nya minat atau gairah belajar ketika di kampus akibatnya kegiatan akademik Mahasiswa menjadi terganggu  dan tidak lancar sebagaimana semestinya.Jaringan wi-fi seharusnya dapat dirasakan oleh Mahasiswa di semua titik ruang atau lingkungan kampus ternyata juga tidak mereka rasakan , jaringan wi-fi hanya berpusat di berberapa titik ruang saja atau disekitar lingkungan biro. Tentu ini juga menjadi masalah bagi para Mahasiswa yang ingin mengakses informasi dengan cepat tanpa harus pergi ke lingkungan sekitar Biro. Jaringan wifi itu harusnya dapat mereka gunakan di gedung mana mereka belajar , contohnya saja Gedung A. Dampak eksternalitas negatif akibat fasilitas kampus yang tidak memadai terhadap mahasiswa juga sangat mempengaruhi prestasi belajar Mahasiswa.Fasilitas minim sangat berdampak buruk terhadap perkembangan akademik atau prestasi Mahasiswa.Mahasiswa sangat menginginkan kenyamanan di kampus dengan fasilitas yang lengkap sehingga dapat menunjang prestasi Mahasiswa dalam bidang akademik maupun non akademik.Dampak ekternalitas negatif rusak nya jalan penghubung menuju ke kampus adalah salah satu ketidaknyamanan mahasiswa ketika pergi kekampus , banyak Mahasiswa mengeluh bahkan sudah ada beberapa Mahasiswa yang terjatuh untuk menghindari lubang-lubang di jalan tersebut , bahkan ketika hujan, lubang-lubang dijalan tersebut bagaikan kolam ikan sehingga banyak Mahasiswa terjatuh dan membasahi baju mereka sehingga akibatnya mereka tidak jadi pergi kekampus untuk belajar, Dampak eksternalitas negative ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan kegiatan akdemik Mahasiswa.Walaupun saat ini sudah berangsur-angsur diperbaiki seperti jalan penghubung kampus di depan Gedung D tersebut sudah di perbaiki namun belum maksimal dan pemasangan AC di gedung A namun tidak seluruhnya dipasang dan belum bisa difungsikan. Agar tidak menjadi polemik berkepanjangan akibat dari eksternalitas negative fasilitas kampus ini , maka pihak kampus yang bersangkuta harus menyediakan fasilitas itu secepat mungkin.




BAB III
PENUTUP

SOLUSI
Solusi agar tidak terjadinya penurunan tingkat prestasi Mahasiswa akibat Dampak Eksternalitas negative oleh fasilitas yang tidak memadai yaitu , Pihak kampus harusnya memberikan kenyamanan kepada Mahasiswa agar Mahasiswa nyaman berada di kampus yaitu dengan menyediakan fasilitas-fasilitas lengkap yang dapat menunjang prestasi akademik Mahasiswa.
Sudah seharusnya pihak kampus menyediakan fasiltas tersebut karena fasilitas tersebut dapat mendorong semangat mahasiswa dalam kegiatan akademik, Mahasiswa dapat memanfaatkan fasiltas tersebut dengan cerdas.Selanjutnya adalah kualitas Dosen pengajar, kualitas dosen yang mengajar juga dapat mempengaruhi tingkat prestasi Mahasiswa , apabila Dosen tersebut memliki kualitas mengajar yang baik tentu juga memberikan dampak yang positif kepada Mahasiswa. Dosen yang memiliki kualitas mengajar yang buruk tentu memberikan dampak eksternal negative kepada Mahasiswa. Kualitas Dosen yang baik menurut Mahasiswa adalah apabila Dosen tersebut mampu menerangkan materi atau menjelaskan materi kepada Mahasiswa sehingga Mahasiswa mengerti apa yang di sampaikan oleh Dosen tersebut. Untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki kualitas pendidikan yang diharapkan maka peran dosen sangatlah vital. Dosen diharapkan dapat mengetahui perkembangan mahasiswa yang ada, sehingga dapat segera diketahui dan ditangani apabila ada seorang mahasiswa yang prestasinya mengalami penurunan. Jadi seperti itulah seharusnya peran dosen di suatu perguruan tinggi sehingga mereka tahu betul kondisi mahasiswanya dan bukannya malah sibuk sendiri dengan bisnis di luar bidang akademis. Hal ini terkait dengan fasilitas dan gaji dosen yang diterima. Jika fasilitas yang dimiliki oleh dosen cukup memadai dan gaji yang diterima cukup besar maka tidak ada lagi dosen yang memiliki proyek di luar bidang akademis hanya sekedar untuk mencukupi kehidupan pribadinya sehingga mereka akan totalitas untuk berkontribusi dalam bidang akademik.Sarana Ibadah juga sangat penting bagi Mahasiswa muslim fakultas ekonomi untuk melaksanakan ibadah. Bangunan sarana ibadah juga perlu diperluaskan lagi dan tempat pengambilan air wudhu perlu di bangun kembali  agar layak digunakan.



KESIMPULAN

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar  di kampus sangat mempengaruhi prestasi belajar Mahasiswa. Apabila fasilitas belajar di kampus tidak memadai dan kuantitas pemanfaatan fasilitas minim, maka tidak mungkin akan dicapai prestasi belajar mahasiswa yang diharapkan.Sebaliknya jika fasilitas-fasilitas kampus tersebut lengkap maka akan melahirkan Mahasiswa-mahasiswa unggul dalam berprestasi , karena dengan fasilitas tersebut Mahasiswa dapat berkreasi dalam kegiatan akademik kampus.
 
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar